Skip to main content
Completion requirements

1. Make The Most of Your Meetings

Pandemi yang sudah kita rasakan sejak awal 2020 telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan, termasuk karyawan yang sudah semakin banyak harus work from home sejalan dengan adanya aturan pemerintah Indonesia terkait PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Karena itu tidak bisa dipungkiri, setiap orang di’paksa’ untuk siap memasuki era digitalisasi. Era digital sendiri adalah suatu periode waktu dimana seluruh aspek kehidupan sudah dibantu dengan teknologi digital. Seluruh peradaban manusia menyadari kepentingan dan kegunaan dari teknologi, terutama gadget masing-masing tetapi yang terutama tetaplah koneksi internet dan kekuatan sinyal. Adanya internet membantu manusia untuk dapat meningkatkan pengetahuan mereka, berkomunikasi dengan yang lain, mencari kesenangan, dan melakukan proses jual-beli. 

Untuk perusahaan, pandemi tidak menandakan berhentinya fungsi operasional, maka perusahaan dan management perlu mencari alternatif yang utamanya adalah untuk karyawan bekerja dari rumah disertai dengan rapat rutin untuk mengendalikan proses bekerja para karyawan. Hanya saja, sisi negatifnya adalah para karyawan tidak dapat berkomunikasi dengan efektivitas dan efisiensi yang sama dengan pada saat bertatap muka satu sama lain dikarenakan beberapa faktor, misalnya sinyal yang kurang stabil atau interaksi yang menjadi sangat terbatas, bahkan ada yang menemukan menjadi sulit untuk berdiskusi 2 arah. 

Interaksi Virtual Juga Bisa Efektif

Menggunakan media virtual meeting ternyata juga memiliki banyak keuntungan, terutama penghematan biaya, baik untuk membeli kertas, mencetak dokumen, dan transportasi untuk pulang pergi kantor seperti saat work from office. Penggunaan virtual meeting tidak memiliki perbedaan jauh dengan tatap muka, mengapa? Virtual meeting dilakukan dengan waktu yang sebenarnya, partisipan dalam meeting juga dapat berinteraksi satu dengan lainnya, dan partisipan tetap bisa berbagi informasi digital menggunakan fitur chat room.


Bila Anda khawatir bahwa meeting kurang efektif bila dilakukan secara virtual, Anda bisa melakukan hal berikut :

  1. Mengirimkan informasi untuk meeting/training sebelum dimulai kepada para partisipan melalui media lain (baik email, grup, atau media lain).
  2. Menunjuk satu orang untuk menjadi mediator.
  3. Menentukan aturan dan alur waktu ketika meeting/training berlangsung.
  4. Menyediakan sesi bebas bergantian untuk saling berbagi opini.
  5. Optimalkan penggunaan ‘room’ terpisah jika dibutuhkan untuk melakukan diskusi kelompok. 

Sejatinya, digitalisasi memang ada untuk mempermudah kehidupan manusia. Jika Anda merasakan situasi semakin sulit dengan adanya digitalisasi, mungkin Anda tidak melakukannya dengan benar. 


By: Peony Felisha Chang - Jr. Consultant

Firstasia Consultants | Marketing executive: christian.fridho@firstasiaconsultants.com

Jl. Sultan Iskandar Muda No.10, RT.12/RW.9, Kby. Lama Sel., Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12240


Back to List of NewsLetter


Next article